Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS 33:59).


Personal
Hobbies Blogs - Blog Rankings Web Directory
Top Blogs blog-indonesia.com
www.voa-islam.com

Hukuman Nun Mati dan Tanwin : Ikhfa


Ikhfa'( الإخفاء ).
Dari sudut bahasa: Tersembunyi. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Membaca huruf yang sifatnya antara Izhar dan Idgham tanpa sabdu serta mengekalkan sifat dengung pada huruf yang pertama. Ia dinamakan Haqiqi ialah untuk menghasilkan Ikhfa' di dalam Nun Sukun dan Tanwin dengan lebih banyak selain dari kedua-duanya. Huruf Ikhfa' terdiri dari lima belas huruf yang terhimpun di dalam bait syair: ( صف ذا ثنا كم جاد شخص قد سما * دم طيبا زد في تقى ضع ظالما )

Ukuran panjang dengung adalah Dua Harokat : yaitu; Mengukur gerakan telunjuk tangan kita, tarik keatas kebawah dua kali, tidak cepat atau tidak pelan (sigar tengah).

Hurup ikhfa ada lima belas (15) Yaitu: ص ذ ث ك ج س ق ش د ط ز ف ت ض ظ 

Cara baca ikfa ada 3:
a. Ikhfa Aqrob 
Yang dimaksud bacaan ihkfa aqrob adalah Jika nun mati atau tanwin bertemu dengan tiga huruf ikhfa ( ت ط د ), maka cara pengucapan makhroj nun mati atau tanwin jangan terlalu jauh ikhfanya, contoh ت (Ta)= من تحت الأنهار (MINNN TAHTIHAL ANHAAR), ketika membaca من (MIN) dalam ikhfa:

MIN/IKHFA AQROB <---> IKHFA AUSATH/TENGAH <---> MING/IKHFA ABAD.

b. Ikhfa Ausath 
Yang dimaksud bacaan ihkfa Ausath adalah Jika nun mati atau tanwin bertemu dengan tiga huruf ikhfa ( ص - ذ - ث - ج - س - ظ - ش - ز - ف - ض ), maka cara pengucapan makhroj nun mati atau tanwin harus pertengahan anatar MIN dan MING ikhfanya.

c. Ikhfa Ab'ad
Yang dimaksud bacaan ihkfa Ausath adalah Jika nun mati atau tanwin bertemu dengan tiga huruf ikhfa ( ق dan ك ), maka cara pengucapan makhroj nun mati atau tanwin harus samar sekali ikhfanya. contoh: من قبل(MINGGG QOBL)، (MANGGG KAANA) من كان 

Lihat Table dibawah ini:
AB'AD
JAUH
AUSATH
TENGAH
AQROB
DEKAT
IKHFA
MENYAMARKAN
قثتNUN MATI/TANWIN
كجط-
-ذد-
-ز--
-س--
-ش--
-ص--
-ض--
-ظ--
-ف--
----

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
About The Author
Nama saya Dimas Yanuar Permadi pemilik Dimas Dhiyau'ur Rahman Blog saya melakukan kegiatan Blogging untuk menambah Ilmu dan memeberi Ilmu pada Anda...